Jumat, 01 Juli 2011

Cara Penyolderan Yang Baik

Bagaimana Cara Penyolderan Yang Baik

Baiklah, perlu di ketahui bahwa sekitar mata solder adalah suatu campuran logam timah, dengan suatu titik lebur di sekitar 180 derajat tingkat celcius. pada bagian badannya ada elemen sebagai pengatur panas, jika elemn ini rusak maka solder tersebut tidak akan menghasilkan panas untuk melelehkan timah. Damar atau Siongkak bertindak sebagai Flux memindahkan oksida dari metal untuk soldered, terkadang penggunaan Flux ini tidak di anjurkan karena faktor oksida yang dihasilkan. 
Peyolderan adalah tindakan bagaimana membuat suatu hubungan antara dua material atau komponen agar menjadi kesatuan, dengan cara memanaskan simpangan antara material, untuk menyambungkan material ini biasanya menggunakan timah dan solder akan melelehkan timah dan mengikat komponen kemudian timah akan dingin dan mengeras, ketika itu komponen menjadi terhubung,,,,,



PERSIAPAN YANG DIPERLUKAN SEBULUM MEYOLDER

1. SOLDER

Pada ponsel penggunaan solder 20-30 Watt merupakan hal terbaik, sebagai suatu acuan untuk meningkatkan kwalitas yang lebih baik. pada sisi lain, banyak juga teknisi merekomendasikan untuk menggunakan solder sekitar 30-40 Watt. 

2. SPONS/BURSA PEMBERSIH 

Gunakan busa yang diberikan air untuk memberiskan mata solder ketika panas, guna menjaga agar mata solder tetap bersih dan layak digunakan sehingga hasilnya maksimal. 
3. DUDUKAN SOLDER

Tempatkan solder pada dudukan solder yang tersedia agar lebih aman, dudukan solder ini dijual dipasaran dengan harga yang tidak mahal dan mudah di dapat. 
4. TIMAH 

Timah standar yang biasa digunakan dalam perbaikan ponsel biasanya memiliki ukuran 0,5 mm dan 0,3 mm. 

5. LAMPU 

Gunakan lampu penerang untuk membantu menerangi area kerja.

6. KAWAT SERABUT

Digunakan untuk mengankat sisa timah

7. PISAU PEMOTONG/GUNTING

Digunakan untuk memotong kawat jumper

8. PENYEDOT TIMAH

Digunakan untuk mengangkat sisa timah

9. TANG POTONG

Menggunting plat metal yang menghalangi jalur yang putus

10. KAWAT JUMPER

Digunakan untuk menghubungkan jalur yang putus

11. PENJEPIT BOARD

Tempatkan PCB ponsel atau komponen pada penjepit bord untuk memang dan menjaga PCB atau komponen yang akan disolder agar tidak goyang atau terjatuh sewaktu proses penyolderan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host